Mengambil Upah Mengajari Al Qur’an

Dalam masalah mengajar, seseorang dibenarkan untuk mengontrak seorang guru yang mengajar anak-anaknya atau mengajarnya atau mengajar siapa saja yang dia inginkan.

Mengajar adalah manfaat yang mubah (boleh) dan mendapat upah dari manfaat tersebut adalah mubah. Ijarah (kontrak kerja) dalam masalah ini hukumnya juga mubah.

Syara’ telah membolehkan mendapatkan upah karena mengajar Al-Quran, oleh karena itu, mendapatkan upah di luar dari mengajar Al-Quran tentu juga dibolehkan. Imam al Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas dari Nabi SAW bahwa beliau SAW bersabda:

إِنَّ أَحَقَّ مَا أَخَذْتُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا كِتَابُ اللَّهِ

“Sesungguhnya yang paling layak untuk kamu mengambil upah darinya adalah (mengajar) Kitabullah (Al-Quran).” (HR. al Bukhary)

Diriwayatkan pula bahwa Rasulullah SAW telah menikahkan seorang wanita dengan seorang lelaki dengan mahar Al-Quran, yakni, lelaki tersebut memberikan mahar dengan mengajar wanita tersebut membaca Al-Quran. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Sahal bin Sa’ad As-Sa’idi.

Dalam Bughyatul Mustarsyidin dinyatakan:

يصح الاستئجار لكل ما لا تجب له نية عبادة كان، كأذان وتعليم قرآن وإن تعين، وتجهيز ميت أو لا كغيره من العلوم تدريساً وإعادة، بشرط تعيين المتعلم والقدر المتعلم من العلم،

“Sah mengambil upah untuk setiap perkara yang tidak wajib baginya niat, baik perkara itu ibadah, seperti adzan dan mengajarkan al Qur’an walaupun (upah itu) ditentukan, juga mengurus mayit, atau perkara itu bukan ibadah, seperti (mengajar) yang lain dari berbagai macam ilmu, pengajaran dan pengulangannya, dengan syarat ditentukan apa yang akan dipelajari dan kadar pengetahuan yang akan disampaikan.”

Inilah pandangan Madzhab Syafi’i juga Maliki. Allaahu A’lam. [MTaufikNT]

Baca Juga:

Iklan

Posted on 11 Agustus 2017, in Ekonomi, Fiqh and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s