Seandainya Perjuangan Ini Mudah…

Seandainya perjuangan ini mudah, bebas dari fitnah, dan mendapatkan balasan langsung di dunia, niscaya banyak sekali yg turut berjuang. Allah berfirman:

لَوْ كَانَ عَرَضًا قَرِيبًا وَسَفَرًا قَاصِدًا لَاتَّبَعُوكَ وَلَكِنْ بَعُدَتْ عَلَيْهِمُ الشُّقَّةُ وَسَيَحْلِفُونَ بِاللَّهِ لَوِ اسْتَطَعْنَا لَخَرَجْنَا مَعَكُمْ يُهْلِكُونَ أَنْفُسَهُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ إِنَّهُمْ لَكَاذِبُونَ

“Kalau yang kamu serukan kepada mereka itu keuntungan yang mudah diperoleh dan perjalanan yang tidak berapa jauh, pastilah mereka mengikutimu, tetapi tempat yang dituju itu amat jauh terasa oleh mereka. Mereka akan bersumpah dengan (nama) Allah: “Jika kami sanggup tentulah kami berangkat bersama-samamu” Mereka membinasakan diri mereka sendiri dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya mereka benar-benar orang-orang yang berdusta”. (QS. At Taubah : 42).

Ayat ini memang ditujukan kepada orang-orang munafik, saya sampaikan bukan berarti menuduh orang-orang yang tidak sebarisan dengan saya sebagai munafik, sama sekali tidak begitu. Namun ayat ini menjadi cermin bagi kita semuanya, mengaca diri, jangan-jangan ada sikap nifaq di dalam hati kita. Kalau orang munafik bisa bersumpah dengan nama Allah: “Jika kami sanggup tentulah kami berangkat bersama-samamu” apakah kita juga sering beralasan untuk menghindari aktivitas mulia ini?.

Kita sanggup meluangkan waktu, nyaris tanpa beban, untuk mendapatkan sedikit ‘bunga-bunga dunia’, kita sanggup menyisihkan harta untuk supplemen kesehatan fisik kita, sudahkah kesanggupan kita untuk menuntut ‘Ilmu dalam rangka dakwah ini sebanding dengan itu? Allaahu A’lam. [MTaufikNT]

Baca Juga:

Iklan

Posted on 2 Mei 2017, in Dakwah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s