Bolehkah Berqurban dengan Binatang yang Dikebiri?

Boleh berqurban dengan binatang ternak yang telah dikebiri. Syaikh Wahbah az Zuhaili dalam Al-Fiqh al-Islamy wa Adillatuh menyatakan:


اتفق العلماء على أن الأضحية لا تصح إلا من نَعم: إبل وبقر (ومنها الجاموس) وغنم (ومنها المعز) بسائر أنواعها، فيشمل الذكر والأنثى، والخصي والفحل، فلا يجزئ غير النعم من بقر الوحش وغيره، والظباء وغيرها، لقوله تعالى: {ولكل أمة جعلنا منسكاً ليذكروا اسم الله على ما رزقهم من بهيمة الأنعام} [الحج:34/22] ولم ينقل عنه صلّى الله عليه وسلم ، ولا عن أصحابه التضحية بغيرها،

“Para Ulama sepakat bahwa kurban tidak diperbolehkan kecuali dengan binatang ternak yaitu : unta, sapi (termasuk kerbau) dan domba/biri-biri (termasuk kambing) dengan segala jenisnya mencakup ternak jantan atau betina, baik yang dikebiri atau pejantan. Tidak boleh berqurban memakai selain binatang ternak seperti antelop (baqor al wahsyi), kijang dan lain-lain berdasarkan firman Allah “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka” (QS. Al Hajj 22:34.). Dan tidak diriwayatkan dari nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat berkurban memakai selain binatang ternak”.

Dalam hadits riwayat Ahmad dan At-Tirmidzi Rasulullah juga pernah berkurban dengan dua ekor kibasy yang gemuk, bertanduk, dan telah dikebiri.

Berdasarkan hadits-hadits Nabi SAW, tidak dibenarkan berkurban dengan hewan: 1. yang nyata-nyata buta sebelah, 2. yang nyata-nyata menderita penyakit (dalam keadaan sakit), 3. yang nyata-nyata pincang jalannya, 4. yang nyata-nyata lemah kakinya serta kurus, 5. yang tidak ada sebagian tanduknya, 6. yang tidak ada sebagian kupingnya, 7. yang terpotong hidungnya, 8. yang pendek ekornya (karena terpotong/putus), 9. yang rabun matanya. Allahu A’lam. [M. Taufik N. T]

Baca Juga:

Posted on 11 Agustus 2016, in Fiqh, Ibadah and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s