Taqrib: Syarat & Rukun Puasa

Kitab Puasa[1]

وشرائطُ وجوبِ الصيام أربعةُ أشياء: الإسلامُ والبلوغ والعقل والقدرة على الصوم.

1. Syarat Wajib Puasa ada empat: Islam, baligh, berakal sehat[2], mampu berpuasa[3].

Keterangan di Al Iqna’, 1/235 dst:

  • Puasa tidak wajib bagi kafir asli, juga tidak wajib qodho jika dia masuk Islam (adapun orang murtad, maka dia wajib mengqodho puasanya saat dia bertaubat).
  • Anak-anak dianjurkan puasa saat usia 7 tahun, dan dipukul jika tidak puasa saat usia 10 tahun.
  • Orang gila tidak wajib puasa dan tidak wajib qodho, kecuali jika gilanya disebabkan dia minum/makan sesuatu dengan sengaja, maka wajib qodho ketika sembuh.
  • Orang yg tidak mampu puasa karena tua renta atau sakit yang tidak harapan sembuh tidak wajib puasa (hanya saja wajib mengganti dg membayar fidyah).

***

وفرائضُ الصومِ أربعة أشياء: النية، والإمساك عن الأكل والشُرب والجماع وتعمُّدِ القَيْء.

2. Fardhu/Rukun Puasa ada empat: 1) niat[4], 2) menahan diri dari makan dan minum, 3) menahan diri dari jimak (hubungan intim), dan 4) menahan diri dari sengaja muntah.

Kifayatul Akhyar, hal. 198 dst:

Niat terletak dalam hati, sehingga tidak disyaratkan melafalkan niat, tidak ada ikhtilaf dalam hal ini. Niat wajib setiap malam, jika niatnya sebulan penuh, maka sah hanya untuk sehari di awal. Untuk puasa fardhu niat harus ditentukan (yakni diniatkan fardhu), dan niat sebelum fajar, jika niatnya tepat saat fajar, maka puasanya tidak sah[5]. [M. Taufik NT]

(Disampaikan pd 13 Mei 2016, yang asli kitab Taqrib yang warna biru, yang lainnya tambahan dari berbagai literatur)


Baca Juga:

[1] Shiyam dan Shoum (puasa) adalah dua mashdar, secara bahasa berarti al imsak (menahan diri) dari segala sesuatu, dan secara syara’ maknanya menahan diri secara khusus dari orang yang dikhususkan pada waktu yang dikhususkan. (Kifayatul Akhyar, hal 197)

الصَّوْم فِي اللُّغَة الْإِمْسَاك عَن الشَّيْء… وَهُوَ فِي الشَّرْع إمْسَاك مَخْصُوص من شخص مَخْصُوص فِي وَقت مَخْصُوص

[2] رُفِع الْقَلمُ عَنْ ثَلاثَة: عَنْ النّائِمِ حَتّى يَسْتَيْقظَ، وَعَنِ الصَّبيَ حَتّى يَحْتَلِمَ، وعن المجنونِ حَتّى يَعْقِلَ- رواه أبو داود

[3] لقوله تعالى: ” وَعلى الّذينَ يطيقونَهُ فديَة ” / البقرة: 184/ … روى البخاري (4235) عن عطاء: سمع ابن عباس يقرأ: ” وعلى الَّذِين يطوقَونَهُ فِدْية طعًام مسْكِين “، قال ابن عباس: ليست بمنسوخة، هو الشيخ الكبير، والمرأةُ الكبيرةُ، لا يستطيعان أن يصوما، فيطعمَانِ مكانَ كل يوم مسكيناً.

[4] قبل الفجر، لكل يوم، لقوله صلى الله عليه وسلم: (مَنْ لَمْ يُبَيت الصَيامَ قَبْلَ الْفجْرِ فَلا صِيَامَ لَهُ). رواه الدارقطني وغيره، وقال: رواته ثقات

[5] وأكمل النِّيَّة أَن يَنْوِي صَوْم غَد عَن أَدَاء فرض رَمَضَان هَذِه السّنة لله تَعَالَى

Menurut madzhab Hanafi, boleh niat puasa bulan Ramadhan setelah terbit fajar sebelum zuhur, dan yang afdhal dilakukan sejak malam. Sedangkan untuk puasa sunnah boleh berniat sebelum matahari bergeser (Zhuhur) menurut Hanafiyah dan Syafiiyah. Didasarkan pada hadits Aisyah ra: Rasulullah saw suatu hari masuk ke rumahku, dan bertanya: Adakah kamu punya sesuatu? Saya jawab: Tidak ada. Nabi bersabda: Maka aku berpuasa.” (HR. Muslim dan Abu Daud)

Posted on 14 Mei 2016, in Ibadah and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s