Khilafah; Diantara Kewajiban Terpenting (Ungkapan Para ‘Ulama)

Walaupun dalam pandangan ahlus sunnah khilafah/imamah bukan masalah aqidah, bukan berarti mereka menyepelekan kewajiban ini, bahkan mereka menganggap kewajiban ini merupakan diantara kewajiban terpenting dalam agama.

Diantara ungkapan mereka adalah:

a. Ibnu Hajar Al Haytami Asy Syafi’i (w. 974 H)

Ibnu Hajar Al Haytami dalam kitabnya, as Shawâiq al Muhriqah juz 1 hal 25:

اعلم أيضا أن الصحابة رضوان الله تعالى عليهم أجمعين أجمعوا على أن نصب الإمام بعد انقراض زمن النبوة واجب بل جعلوه أهم الواجبات

Ketahuilah juga bahwa sesungguhnya para shahabat r.a telah ber ijma’ (sepakat) bahwa mengangkat imam (khalifah) setelah zaman kenabian adalah kewajiban, bahkan mereka menjadikannya sebagai kewajiban yang terpenting.

b. Abu Al-Hasan Al-Amidi (w. 631 H)

Dalam kitabnya, Ghâyah Al-Marâm fî ‘Ilm Al-Kalâm, beliau menyatakan mengangkat Imam sebagai “salah satu kemaslahatan kaum muslimin yang terpenting, dan salah satu pilar agama yang teragung”

فإذا نصب الإمام من أهم مصالح المسلمين وأعظم عمد الدين فيكون واجبا حيث عرف بالسمع أن ذلك مقصود للشرع وليس مما يمكن القول بوجوبه عقلا كما بيناه. (غاية المرام للآمدي – ج 1 / ص 366-367(

c. Abdurrahman bin Ahmad Al-Iji (w. 756 H)

Dalam kitabnya, Al-Mawâqif, beliau menyatakan: “mengangkat imam merupakan penyempurna kemaslahatan kaum muslimin dan tujuan agama yang terbesar”

ففي نصب الإمام دفع مضرة لا يتصور أعظم منها بل نقول نصب الإمام من أتم مصالح المسلمين وأعظم مقاصد الدين فحكمه الإيجاب السمعي . (المواقف – ج 3 / ص 581(

d. Syamsuddin Ar-Ramli (w. 1004 H)

Beliau menyatakan bahwa para sahabat menjadikan pengangkatan imam sebagai kewajiban terpenting (Ghâyah Al-Bayân Syarhu Zubad Ibn Ruslân)

(فرض على الناس إمام ينصب) أى أنه يجب على الناس نصب إمام يقوم بمصالحهم كتنفيذ أحكامهم وإقامة حدودهم وسد ثغورهم وتجهيز جيوشهم وأخذ صدقاتهم إن دفعوها وقهر المتغلبة والمتلصصة وقطاع الطريق وقطع المنازعات بين الخصوم وقسمة الغنائم وغير ذلك لإجماع الصحابة بعد وفاته صلى الله عليه وسلم على نصبه حتى جعلوه أهم الواجبات وقدموه على دفنه صلى الله عليه وسلم ولم تزل الناس في كل عصر على ذلك » . (غاية البيان شرح ابن رسلان – ج 1 / ص 15)

e. ‘Alauddin Al-Hashfaki Al-Hanafi (w. 1088 H)

Beliau menyatakan: “dan mengangkatnya (imam) adalah kewajiban terpenting, dan karena itu mereka mendahulukannya (mengangkat imam) dari pada menguburkan yang memiliki mu’jizat (yakni jenazah Rasulullah saw)”

(باب الإمامة ) هي صغرى وكبرى ، فالكبرى استحقاق تصرف عام على الانام ، وتحقيقه في علم الكلام ، ونصبه أهم الواجبات ، فلذا قدموه على دفن صاحب المعجزات » . (الدر المختار – ج 1 / ص 548)

f. Syamsuddin Abu Al-‘Aun As-Safarini (w. 1188 H)

Dalam kitab Lawâmi’ Al-Anwâr beliau menyatakan: “mengangkat imam adalah fardlu kifayah teragung

قال علماؤنا كغيرهم : نصب الإمام الأعظم فرض كفاية لأن الصحابة – رضي الله عنهم – أجمعوا على أن نصبه واجب بعد انقراض زمن النبوة ، بل جعلوه أهم الواجبات حيث اشتغلوا به عن دفن رسول الله صلى الله عليه وسلم. (لوامع الأنوار – ج 2 / ص 419)

Baca juga:

Posted on 11 Mei 2015, in Politik, Syari'ah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s