Ridho Siapa yang Dicari?

Oleh: M. Taufik N.T

Salah satu yang membuat hidup menjadi susah adalah jika terlalu memperhatikan pandangan orang lain tentang kita, ingin dipandang baik oleh manusia dan khawatir dibenci manusia. Ketika mau berbuat suatu kebaikan yang dipikirkan adalah “nanti bagaimana pandangan orang kalau saya berbuat ini?”, “apa kata dunia?” … Gara-gara sikap seperti ini, kadang idealisme tergadaikan, yang haram diterjang, yang haq dihalang, teman ditendang, semua hanya karena “apa kata orang”.

***

Mu’awiyah r.a pernah menulis surat kepada Aisyah Ummul Mu`minin radliallahu ‘anha supaya dia menulis surat yang berisi wasiat kepadanya dan isinya tidak panjang panjang, maka ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha menuliskan surat kepada Mu’awiyah :

سَلَامٌ عَلَيْكَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ الْتَمَسَ رِضَا اللَّهِ بِسَخَطِ النَّاسِ كَفَاهُ اللَّهُ مُؤْنَةَ النَّاسِ وَمَنْ الْتَمَسَ رِضَا النَّاسِ بِسَخَطِ اللَّهِ وَكَلَهُ اللَّهُ إِلَى النَّاسِ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ

“Salâmun ‘alaik (Salam untukmu). Amma Ba’du. Sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Barangsiapa yang mencari keridlaan Allah sekalipun memperoleh kebencian manusia, Allah akan mencukupkan dia dari ketergantungan kepada manusia dan barangsiapa yang mencari keridlaan manusia dengan mendatangkan kemurkaan dari Allah, maka Allah akan menjadikannya bergantung kepada manusia, wassalâmu ‘alaika. (HR. Tirmidzi & Al Hakim)

***

Imam As Syafi’i berkata:

رضى النَّاس غايةٌ لا تُدْرَكُ، وليس إِلى السَّلامة منهم سبيلٌ، فعليكَ بما ينفعُكَ فالزَمْهُ[1]

Mencari ridlo semua orang adalah tujuan yang tdk akan pernah tercapai, dan bukan jalan menuju keselamata​n dari mereka, hendaklah engkau menetapi apa yg memberi manfa’at (ukhrawi) engkau

Baca Juga:


[1] آداب الشافعي: 287-279، و حلية الأولياء: 9/122، وتاريخ ابن عساكر: 15/17، وسير أعلام النبلاء: 10/42 و 89.

Posted on 24 September 2011, in Akhlaq, Mutiara Hadits. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s