Khutbah Jum’at – Menghindari Sifat Nifaq

Oleh: M. Taufik N.T

Sungguh, di antara jenis manusia terburuk adalah mereka yang ‘bermuka dua’. Yaitu, mereka yang menampakkan satu identitas pada kelompok tertentu, dan menunjukkan identitas yang lain pada kelompok lainnya. Sebagaimana disebutkan oleh RasuluLlah saw :

إِنَّ مِنْ شَرِّ النَّاسِ ذَا الْوَجْهَيْنِ الَّذِي يَأْتِي هَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ وَهَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ

“Sesungguhnya, termasuk orang yang paling buruk adalah orang bermuka dua yang mendatangi mereka dengan satu muka dan mendatangi yang lain dengan muka lain.” (HR. Muslim).

Mereka yang bermuka dua dan mudah berdusta ini, tidak layak dijadikan teman setia apalagi sebagai pemimpin. Jika mereka telah terlanjur menjadi pemimpin, tidaklah patut bagi kita mendukung perbuatan dan kedustaan mereka.

Ka’ab ibn ‘Ujrah berkata, “Kami pernah bepergian bersama Rasulullah saw, dan saat itu kami sembilan orang. Maka RasuluLlah saw bersabda:‘Sesungguhnya akan muncul sesudahku para pemimpin (pendusta). Barangsiapa menganggap benar kedustaan mereka dan membantu kezhaliman mereka, maka ia tidak termasuk dari golonganku dan aku tidak termasuk golongannya. Dan ia tidak akan bertemu denganku di telaga al-haudh (di surga). Dan barangsiapa yang tidak menganggap benar kedustaan mereka dan tidak membantu kezhaliman mereka, maka ia termasuk dari golonganku dan aku termasuk golongannya. Dan ia akan bertemu denganku di telaga al-haudh (di surga)’.” (HR. An-Nasaai, dishahihkan oleh al-Albani[1]).

selengkapnya download (pdf) disini


[1] Shahih wa Dhaif Sunan an-Nasaai No. 4207

Posted on 15 April 2011, in Khutbah Jum'at. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. ustad kalau bisa khubah Jum’atnya dibukukan dengan judul Khutbah jum’at ideologis. karena dikampung-kampung biasanya khubah itu pake buku, kl di sedialan materi di lembaran kertas gak ada yang mau

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s