Upaya Aktif Menjemput Janji Allah Dan Bisyarah Rasululah Saw

Oleh: M. Taufik N.T

Dari paparan dibagian janji Allah dan bisyarah Rasulullah untuk kita, jelaslah bahwa masa depan umat Islam adalah sebagai penguasa dunia, hidup dibawah naungan khilafah ala minhaj an-nubuwwah. Adapun fakta kerusakan yang dialami umat Islam saat ini bukanlah karakter asli bagi umat Islam. Oleh karena itu perubahan untuk menjemput janji Allah mutlak dilakukan. Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS ar-Ra’du [13]:11).

قال الامام القرطبي: أخبر الله تعالى في هذه الآية أنه لا يغير ما بقوم حتى يقع منهم تغيير, إما منهم أو من الناظر لهم, أو ممن هو منهم بسبب; كما غير الله بالمنهزمين يوم أحد بسبب تغيير الرماة بأنفسهم, إلى غير هذا من أمثلة الشريعة فليس معنى الآية أنه ليس ينزل بأحد عقوبة إلا بأن يتقدم منه ذنب، بل قد تنزل المصائب بذنوب الغير، كما قال صلى الله عليه وسلم – وقد سئل أنهلك وفينا الصالحون ؟ قال – نعم إذا كثر الخبث (يعني الفسق والفجور) والله أعلم. (الجامع لاحكام القرأن, 9:294)

Berkata Imam Al Qurthuby : dalam ayat ini Allah ta’ala memberitahukan bahwasanya Dia tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga terjadi perubahan dari mereka, baik (perubahan itu) dari mereka sendiri, dari orang yang mengawasi mereka, atau dari orang-orang yang berasal dari mereka karena sebab-sebab tertentu; sebagaimana Allah mengubah dengan kekalahan pada perang uhud dengan sebab perubahan pada diri (pasukan) pemanah, dan contoh-contoh lain. Maka ayat ini bukan berarti bahwa tidak akan turun siksaan kepada seseorang kecuali dengan mereka melakukan dosa, akan tetapi kadang-kadang turun mushibah karena dosa orang lain, sebagaimana Rasullullah saw bersabda – dan sesungguhnya beliau ditanya: apakah kami akan dihancurkan padahal ditengah kami ada orang-orang shalih? Maka beliau menjawab – benar, jika telah banyak kekejian (yakni kefasikan dan kemaksiatan) wallahu a’lam [Al Jâmi’ Li Ahkâmi al Qur’ân, 9/294]

Ayat ini sangat difahami dan dilaksanakan Rasulullah saw, beliau berupaya sekuat tenaga dalam dakwahnya. Begitu juga para shahabat, dan thabi’in, ketika memahami sabda Rasulullah Saw:

لَتُفْتَحَنَّ الْقُسْطَنْطِينِيَّةُ ، فَلَنِعْمَ الأَمِيرُ أَمِيرُهَا ، وَلَنِعْمَ الْجَيْشُ ذَلِكَ الْجَيْشُ ,قال عبيد الله : «فدعاني مسلمة بن عبد الملك فسألني عن هذا الحديث ، فحدثته فغزا القسطنطينية

Sungguh Qostantinopel akan ditaklukkan, maka sebaik – baik amir adalah amirnya dan sebaik – baik pasukan adalah pasukan tersebut (yang menaklukkannya), Abdullah berkata: maka Maslamah Bin Abdul Malik memanggilku dan menanyakan tentang hadits ini kepadaku, maka aku berbicara kepadanya (tentang hadits ini) maka kemudian ia menyerang Qostantinopel. [Dikeluarkan oleh Imam Ahmad dalam musnadnya 38/422, Al Hakim dalam Al Mustadrak,19/175, juga dikeluarkan oleh Al Haitsami dalam Ghayatul Maqshud fi Zawâidil Musnad, 2/174, Abu Nu’aim dalam Ma’rifatus Shahabat, 3/456, Ibnu Abi Syaibah, Al Bazzar dan Thabrani, perowinya tsiqat].

Mereka tidak berpangku tangan hanya menunggu janji Allah saja, mereka juga tidak asal-asalan dalam berusaha, atau berusaha namun usahanya tirak relevan dan tidak berkaitan dengan apa yang mereka inginkan. Upaya real untuk melakukan futuhat ke Qonstantinopel ini juga dilakukan oleh kaum muslimin setelahnya, yakni Abu Ayyub al-Anshari (44 H) pada Khalifah Muawiyyah bin Abu Sufyan, Sulaiman bin Abdul Malik (98 H) masa Kekhalifahan Umayyah, Khalifah Harun al-Rasyid (190 H) masa Kekhalifahan Abasiyyah, Khalifah Beyazid I (796 H) masa Kekhalifahan Utsmanityyah, dan berhasil saat Khalifah Murad II (824 H) pada masa Kekhalifahan Utsmaniyyah, dibawah komando sulthan Muhammad Al Fatih. Allahu A’lam.

baca juga:

  • Hukum keberadaan jama’ah dakwah
  • Janji Allah & Bisyarah Rasulullah
  • Beberapa pemahaman seputar  perubahan yg mesti diubah
  • cara menasehati penguasa
  • Posted on 17 Agustus 2010, in Dakwah, Politik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s